Jumat, 29 Agustus 2014

"Fireworks" dan Usaha Menemukan Upacara Bendera yang Tidak Militeristis

Malaysia merayakan hari kemerdekaannya setiap 31 Agustus, dan semalam saya menyaksikan sebuah pertunjukkan kembang api yang cukup menarik.

Ini adalah sebuah privilege. Tinggal di lantai 12 membuat saya berhasil menemukan sudut sempurna untuk mengabadikan langit berwarna selama 2 menit, dengan suara-suara yang tidak memekakkan telinga. Sesuatu yang tidak terjadi setiap malam.


Malam tadi seperti perayaan dari akhir kecemasan yang melanda minggu ini. Memang tinggal di negara lain, bahkan di Malaysia yang dekat sekali dengan Indonesia, tidak selalu mudah. Masalah berdatangan, sebut saja sebagai tantangan. Kembang api ini melahirkan efek dramatis, ketika saya sadar tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan. Semua akan baik-baik saja dan menjadi hebat.

Inilah dua menit itu.

Sementara itu, pada 17 Agustus 2014 saya datang terlambat ke KBRI. Maksud hati ingin ikut Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tapi saya salah perhitungan. Saya pikir upacara akan dilaksanakan pukul 11.00 waktu KL (atau pukul 10.00 WIB), tapi ketika saya datang bendera sudah berkibar. Massa menonton film "Sang Pemberani" di aula.

Namun pada sore harinya saya datang kembali. Upacara Penurunan Bendera tetap layak diikuti. Meski coraknya selalu militeristik.

Paskibra sebelum upacara penurunan bendera.


Kapan terakhir kali anda mengikuti upacara bendera?






Rasanya berbeda menyanyikan lagu Indonesia Raya tidak di negara sendiri. Apalagi melihat pemandangan setahun sekali seperti ini.


Sebenarnya hari itu saya berharap menemukan aneka lomba 17-an seperti balap karung, panjat pinang dan sebagainya. Tetapi saya tidak berhasil menemukannya. Namun, upacara bendera seperti ini adalah penawar rindu, meski saya selalu heran mengapa tidak ada kreasi dalam format upacaranya. Selalu sama dari tahun ke tahun.


Besok, 31 Agustus adalah hari bersejarah untuk Malaysia. Pada 31 Agustus 1957, Malaysia merayakan kemerdekaannya setelah berhasil melepaskan diri dari penjajahan sejak tahun 1511.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar